Muslim Menjawab – Ayat al-Maidah: 67 atau lebih dikenal dengan ayat tablig merupakan ayat yang berkenaan dengan penobatan dan pelantikan Sayyidina Ali bin Abi Thalib sebagai washi, khalifah, imam atau pengganti Rosulullah Saw. Ayat itu diterima oleh Rosulullah Saw pada 18 Dzulhijjah tahun 10 Hijriah. Perintah dari ayat itu pun Beliau saw tunaikan di sebuah tempat bernama Ghadir Khum selepas haji wada atau haji terakhir. Orang-orang hadir di tempat itu, yang diantara mereka terdapat pula para pembesar sahabat, memberikan baiat kepada Sayyidina Ali ra. Berikut ayatnya:
يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ وَ إِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَما بَلَّغْتَ رِسالَتَهُ وَ اللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ إِنَّ اللَّهَ لا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكافِرين
“Hai Rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhan-mu. Dan jika kamu tidak mengerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan risalah-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.”[1]
Para ahli hadis dari masa-masa awal Islam berkeyakinan bahwa ayat di atas turun berkenaan dengan Ali bin Abi Thalib ra. Begitupula banyak riwayat-riwayat mutawatir dari Sunni maupun Syiah yang mendukung akan hal ini sehingga tidak ada keraguan di dalamnya. Disini kami hanya akan memaparkan riwayat-riwayat mengenai turunnya ayat ini yang terdapat dalam sumber Ahlussunah. Adapun berkenaan dengan bagaimana peristiwa Ghadir Khum itu terjadi telah dibahas secara sekilas pada dua seri ini [Klik 1] [Klik 2] dan secara detail pada kesempatan berikutnya.
Tafsir Ibnu Abi Hatim
حَدَّثَنَا أَبِي , ثنا عُثْمَانُ بْنُ خُرَّزَاذَ , ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّا , ثنا عَلِيُّ بْنُ عَابِسٍ , عَنِ الْأَعْمَشِ , عَنْ عَطِيَّةَ الْعَوْفِيِّ , عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ , قَالَ: نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ {يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ} [المائدة: 67] فِي عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ
Menceritakan Abi, Utsman bin Khurazadz, Ismail bin Zakarya, Ali bin Abbas, dari al-A’masy, dari Athiyah al-Aufi, dari Abi Said al-Khudri, berkata; Ayat ini {يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ} [المائدة: 67] turun berkenaan dengan Ali bin Abi Thalib.[2]
Pandangan Ibnu Taimiyah berkenaan dengan Ibnu Abi Hatim
مِنْ أَئِمَّةِ أَهْلِ التَّفْسِيرِ، الَّذِينَ يَنْقُلُونَهَا بِالْأَسَانِيدِ الْمَعْرُوفَةِ، كَتَفْسِيرِ ابْنِ جُرَيْجٍ، وَسَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ، وَعَبْدِ الرَّزَّاقِ، وَعَبْدِ بْنِ حُمَيْدٍ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ وَتَفْسِيرِ بَقِيِّ بْنِ مَخْلَدٍ وَابْنِ جَرِيرٍ الطَّبَرِيِّ، وَمُحَمَّدِ بْنِ أَسْلَمَ الطُّوسِيِّ، وَابْنِ أَبِي حَاتِمٍ، وَأَبِي بَكْرِ بْنِ الْمُنْذِرِ، وَغَيْرِهِمْ مِنَ الْعُلَمَاءِ الْأَكَابِرِ، الَّذِينَ لَهُمْ فِي الْإِسْلَامِ لِسَانُ صِدْقٍ، وَتَفَاسِيرُهُمْ مُتَضَمِّنَةٌ لِلْمَنْقُولَاتِ الَّتِي يُعْتَمَدُ عَلَيْهَا فِي التَّفْسِيرِ.
Dari para ahli tafsir pendahulu yang mereka menukil dan menulis berdasarkan dengan sanad-sanad yang maruf adalah seperti Tafsir Ibnu Juraih, Said bin Abi A’rubah, Abdurrazaq, Abd bin Humaid, Ahmad, Ishaq, Baqi bin Makhlad, Ibn Harir Thabari, Muhammad bin Aslam at-Thusi, Ibnu Abi Hatim, Abi Bakr bin Mundzir, dan lainnya dari ulama-ulama besar, mereka adalah lisan yang jujur di dalam Islam dan isi tafsir-tafsir mereka terpercaya.[3]
Tafsir Fakhru Razi
نَزَلَتِ الْآيَةُ فِي فَضْلِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلَامُ، وَلَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ: «مَنْ كُنْتُ مَوْلَاهُ فَعَلِيٌّ مَوْلَاهُ اللَّهُمَّ وَالِ مَنْ وَالَاهُ وَعَادِ مَنْ عَادَاهُ» فَلَقِيَهُ عُمَرُ/ رَضِيَ اللَّه عَنْهُ فَقَالَ: هَنِيئًا لَكَ يَا ابْنَ أَبِي طَالِبٍ أَصْبَحْتَ مَوْلَايَ وَمَوْلَى كُلِّ مُؤْمِنٍ وَمُؤْمِنَةٍ، وَهُوَ قَوْلُ ابْنِ عَبَّاسٍ وَالْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ وَمُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ.
Ayat ini turun berkenaan dengan Ali bin Abi Thalib as dan tatkala ayat ini turun (Rosulullah Saw) memegang tangan Ali dan berkata: barang siapa yang aku adalah maulanya (pemimpin) maka ini Ali adalah maulanya (pemimpin). Ya Allah sayangilah yang menyayanginya dan musuhilah yang memusuhinya. Kemudian Umar ra menemui Ali dan berkata: Selamat untukmu duhai putra Abi Thalib engkau telah menjadi maulaku dan maula seluruh mukminin dan mukminah. Ini adalah perkataan Ibnu Abbas, Bara bin Aa’zib dan Muhammad bin Ali.[4]
Tafsir Imam al-Alusi
وأخرج ابن مردويه عن ابن مسعود قال: كنا نقرأ على عهد رسول الله صلّى الله عليه وسلّم يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ أن عليا ولي المؤمنين وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَما بَلَّغْتَ رِسالَتَهُ وخبر الغدير عمدة أدلتهم على خلافة الأمير كرم الله تعالى وجهه،
Ibnu Mardawiyah berselisih dengan Ibnu Masud dan berkata: Kami membaca berdasarkan pesan Rosulullah saw يا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ ما أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ bahwasanya Ali adalah wali para mukminin وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَما بَلَّغْتَ رِسالَتَهُ dan berita Ghadir Khum adalah penopang dan bukti mereka atas kekhalifahan al-Amir (Ali) karamallau wajhah.[5]
Badruddin al-Aini al-Hanafi
وَقَالَ أَبُو جَعْفَر مُحَمَّد بن عَليّ بن حُسَيْن مَعْنَاهُ بلغ مَا أنزل إِلَيْك من رَبك فِي فضل عَليّ بن أبي طَالب رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ فَلَمَّا نزلت هَذِه الْآيَة أَخذ بيد عَليّ، وَقَالَ: من كنت مَوْلَاهُ فعلي مَوْلَاهُ ….
Berkata Abu Ja’far Muhammad bin Ali bin Husain bahwa makna ayat ini بلغ مَا أنزل إِلَيْك من رَبك berkenaan dengan Ali bin Abi Thalib ra. Tatkala ayat ini turun (Rosulullah Saw) mengangkat tangan Ali seraya berkata: Barang siapa yang aku adalah maulanya (pemimpin) maka ini Ali adalah maulanya (pemimpin).[6]
[1] Al-Maidah: 67
[2] Tafsir al-Quran al-Adzim Jil. 4, Hal. 1172 Cet. Mamlakah Alarabiya Assaudiyah
[3] Minhaj As-Sunah, Jil. 7, Hal. 177-178, Cet. Jamiah al-Imam Muhammad bin Sa’ud al-Islamiyah
[4] Tafsir al-Fakhr ar-Razi Jil. 12, Hal. 401, Cet. Dar Ihya at-Turast al-Arabi – Beirut
[5] Syihabuddin Al-Alusi Ruhul Ma’ani fi Tafsir al-Quran Jil. 3, Hal. 359 Cet. Dar al-Kutub al-Alamiah – Beirut
[6] ‘Umdah al-Qari Syarh Shahih al-Bukhari, Jil. 18, Hal. 206, Cet. Dar Ihya at-Turast al-Arabi – Beirut)