Sumbangsih Syiah Terhadap Dunia Islam: Abu Utsman Al-Mazini Penyusun Pertama Ilmu Sharaf

  • Whatsapp

MUSLIM MENJAWAB – Berbicara mengenai sumbangsih Syiah dalam dunia Islam merupakan topik yang menarik untuk dibahas dan dikaji. Kebanyakan kaum muslimin mungkin tidak mengetahui bahwa Syiah memiliki peran besar dan sumbangsih yang banyak dalam perkembangan dunia Islam baik dalam khazanah keilmuan Islam, Ilmu sains dan lain sebagainya.

Tidak sedikit dari ulama-ulama Syiah yang menjadi pengasas atau penyusun pertama ilmu-ilmu Islam. Di seri sebelumnya kita telah mengetahui bahwa Abu Al-Aswad Ad-Duwali, seorang Syiah Ali bin Abi Thalib as merupakan pengasas ilmu Nahwu yang notabene merupakan salah satu ilmu dasar dan sangat penting dalam dunia Islam.

Bacaan Lainnya

Di seri kali ini, kita akan sebutkan satu lagi ulama yang tersohor sebagai ulama ahli bahasa dan sastra yaitu Abu Utsman Al-Mazini. Beliau dikenal sebagai orang pertama yang menyusun ilmu Sharaf yaitu  salah satu ilmu dasar dan penting dalam khazanah keimuan Islam. Seperti yang termaktub dalam kitab Nasyatu An-Nahwu karya Syekh Muhammad Thanthawi, disebutkan bahwa Al-Mazini adalah orang pertama yang menyusun ilmu Sharaf.

Nasyatun Nahw Hal. 47 Cet. Dar Al-Ma’arif

Dan dalam kitab Mu’jam Al-Udaba karya Yaqut Al-Hamawi tertulis bahwa Abu Utsman Al-Mazini atau Bakr bin Muhammad Al-Mazini merupakan seorang ulama Syiah Imamiyah.

Mu’jam Al-Udaba Juz 7 Hal. 108

Penjelasan Ini menjadi bukti bahwa Syiah memiliki andil besar dan memberikan sumbangsih pada dunia Islam, yang salah satunya terhadap khazanah keilmuan Islam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.