Dr. Muhammad Baltaji dan Nikah Mut’ah

  • Whatsapp

MUSLIM MENJAWAB – Dalam website ini telah kita paparkan berbagai macam dalil baik dari Al-quran maupun riwayat-riwayat perihal kehalalan nikah mut’ah. Telah kita ketahui bahwa nikah mut’ah telah berlaku sejak zaman Nabi Muhammad saw, lalu diamalkan oleh para sahabat dan tabi’in. seiring perjalanannya, perbedaan pendapat perihal nikah mut’ah pun muncul sejak zaman sahabat hingga hari ini. Namun perbedaan tersebut hendaklah  tidak menjadikan kaum muslimin untuk saling mencela dan mengkafirkan satu sama lain, namun harus dipandang dengan cara yang adil dan bijak.

Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan pendapat dari seorang cendikiawan muslim sekaitan dengan nikah mut’ah, ia adalah Dr. Muhammad Baltaji. Beliau merupakan seorang guru besar Ilmu Islam di Universitas Kairo. Dalam bukunya Manhaj Umar ibn al-Khattab fi at-Tasyri’  disebutkan bahwa Ibnu Abbas dan para sahabatnya dari penduduk Mekah dan Yaman juga para Imam dalam Mazhab Syi’ah seperti Ali bin Husain, Abu Ja’far Al-Baqir, Abul Hasan Al-Kazim, Ali bin Musa Ar-Ridho dan selainnya, mereka meyakini akan bolehnya nikah mut’ah.[1]

Bacaan Lainnya

Dengan adanya pendapat ini, hendaknya kita menyikapi perbedaan pandangan perihal nikah mut’ah ini seperti Dr Muhammad Baltaji yang dengan lugas mengatakan bahwa ada dari kalangan sahabat seperti Ibnu Abbas dan pengikutnya, lalu dari keluarga keturunan Rasul yang mulia, yang meyakini bolehnya nikah mut’ah.

(YS/MM)


[1] Manhaj Umar ibn Khattab fi at-Tasyri, Hal. 298 Cet. Darul Fikri Al-Arabi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 Komentar

  1. Mesir itu budak Syiah karena dahulu kerajaan dinasti Fathimiah di mesir adalah syiah. Begitu juga al-azhar yang bangun adalah orang syiah. Condong ke syiah adalah hal lumrah bagi al azhar mesir.

  2. Mut’ah tak diragukan kehalalannya.
    Suka atau tidak melakoninya itu hal lain.
    Alpukad, bengkoang, ceri, duren hingga zaitun halal, tapi nggak semua suka. Nggak suka tak lantas haram, kan!.

  3. Tolong urus PSK PSK bermahzabkan suni di daerah kalian supaya tidak mencemarkan nama Islam. Hina mutah tapi wong suni pacaran dimana-mana+ mantab mantab. PSK dimana-mana kalau ditanya mazhabnya yah suni. Jadi jangan sok buly mutah kalau bobrok juga penganut mazhab ente.