Rasulullah Saw Melaknat Orang-orang Ini (2)

MUSLIM MENJAWAB – Pada pembahasan sebelumnya, telah kita ketahui bahwa laknat termasuk kedalam bentuk Tabarri atau berlepas diri dari keburukan. Yang mana hal tersebut dilakukan oleh Allah Swt, Rasulullah Saw, para Malaikat, para Nabi dan orang-orang.

Dalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang menyinggung hal tersebut dan telah kita sebutkan sebagiannya. Begitu juga dalam tinjauan sejarah, kita melihat catatan-catatan yang menunjukkan pelaknatan yang dilakukan Nabi Saw pada orang-orang atau figur-figur yang memiliki sifat tertentu.

Read More

Dalam riwayat-riwayat pun kita akan dapati banyak sekali hadis-hadis dimana Nabi Saw melaknat orang-orang atau sosok-sosok yang memiliki sifat tertentu. Beberapanya akan kami paparkan disini.

Dalam kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal terdapat sebuah hadis dari Rasulullah Saw bahwasannya ia Saw berkata: Para penguasa dari Quraisy melakukan tiga hal, apabila mereka memerintah mereka berbuat adil, apabila mereka diminta belas kasihan, mereka akan berbelas kasih, apabila mereka berjanji, mereka akan tepati. Namun, jika ada diantara mereka yang tidak melakukan hal tersebut, maka untuknya laknat Allah, para malaikat, dan seluruh umat manusia.

Musnad Al-Imam Ahmad bin Hanbal Juz 33 Hal. 26 Cet. Muassasah Ar-Risalah

Dalam kitab Musnad Abi ‘Awwanah juga disebutkan bahwa Rasulullah Saw melaknat orang-orang yang berkecimpung dalam urusan Riba. Dari Jabir ia berkata: Rasulullah Saw melaknat pemakan Riba, yang mewakilinya, yang menjadi saksinya, dan yang menulis (perjanjian) nya. Dan ia berkata: semuanya sama di dalamnya.

Musnad Abi ‘Awwanah Juz 3 Hal. 390 Cet. Darul Ma’rifah – Beirut

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. I do believe all the concepts you have introduced in your post. They are very convincing and will definitely work. Still, the posts are too brief for novices. May you please extend them a bit from next time? Thank you for the post.