Abdullah bin Saba dalam Pandangan Syekh Kasyiful Ghita

MUSLIM MENJAWAB – Salah satu perbincangan menarik sekaitan dengan asal-usul Mazhab Syiah ialah munculnya topik tokoh kontroversial Abdullah bin Saba yang disangkakan  sebagai pengasas atau pendiri Mazhab Syiah. Para pembenci Syiah senantiasa menyebar suara sumbang dengan mengatakan bahwa pendiri Mazhab Syiah ialah Abdullah bin Saba, seorang Yahudi munafik yang berpura-pura masuk Islam dan memuja Ali bin Abi Thalib secara ekstrim.

Pada seri-seri sebelumnya telah kita buktikan bahwa Istilah Syiah sudah ada sejak zaman Nabi Saw, dan Nabi Saw sendiri yang mengungkapkan istilah Syiah sebagai pemenang di hari Kiamat. Sejumlah para Sahabat besar Nabi Saw, juga telah dikenal sebagai Syiah sejak dulu, seperti yang telah kita paparkan sebelumnya. Hal tersebut sebenarnya sudah bisa menggugurkan pernyataan yang menyebut Abdullah bin Saba sebagai pendiri Mazhab Syiah.

Read More

Selain itu, para ulama besar Syiah juga menolak tokoh ini sebagai penggagas Mazhab Syiah. Di Seri sebelumnya telah kita sebutkan satu diantara mereka yaitu Ayatullah Khu’i yang memandang tokoh ini sebagai fiktif. Ulama lainnya yang menolak tokoh ini ialah Syekh Muhammad Al-Husain Kasyiful Ghita. Beliau memandang bahwa narasi Abdullah bin Saba hanyalah sebuah dongeng, dan hadis-hadis atau riwayat-riwayat yang berkenaan dengannya adalah hadis khurafat.

Dalam kitab Ashlu As-Syiah wa Ushuluha yang merupakan karya beliau disebutkan bahwa Abdullah bin Saba, Majnun Bani Amir, Aba Hilal dan orang-orang seperti mereka dari laki-laki dan para pahlawan semuanya adalah hadis khurafat (dongeng) yang dibuat oleh orang-orang yang suka berdongeng, suka cerita bercanda dan juga orang gila.

Ashlu As-Syiah wa Ushuluha Hal. 116 Cet. Darul Adhwa

Dari sini bisa kita fahami bahwa tokoh Abdullah bin Saba di mata ulama Syiah seperi Kasyiful Ghita hanyalah dongeng semata. Dan masih ada ulama lainnya yang memandang seperti itu dan menolak tokoh tersebut bahkan dari ulama kelompok Mazhab Ahlussunnah, yang Insya Allah kedepannya bisa kita bahas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Wow, amazing blog format! How lengthy have you been blogging for?
    you made running a blog look easy. The overall glance of your web
    site is fantastic, let alone the content material!
    You can see similar here najlepszy sklep