Pembesar Sahabat Nabi Saw yang Syiah (Bag. 2)

MUSLIMMENJAWAB.COM – Seperti yang telah dikaji di banyak seri sebelumnya bahwa Syiah adalah sebutan untuk setiap orang atau golongan yang berwilayah kepada Ali bin Abi Thalib as dan Ahlulbaitnya. Dan mereka meyakini bahwa Ali bin Abi Thalib as dan Ahlulbaitnya adalah sosok-sosok terbaik yang ditunjuk oleh Rasul Saw untuk menjadi Imam-Imam sepeninggalnya.

Juga telah disinggung bahwa di zaman Nabi Saw, ada beberapa dari kelompok sahabat seperti Salman Farsi, Abu Dzar al-Ghifari, Miqdad dan Ammar Yasir yang dikenal sebagai golongan Syiah Ali as. Mereka berwilayah kepada Ali bin Abi Thalib as.

Dalam kesempatan kali ini kita akan melihat referensi muktabar lain yang menyinggung tentang sosok-sosok yang masuk dalam golongan Syiah Ali as yang hidup di zaman Nabi Saw. Diantaranya, Abu Hatim al-Razi dalam kitab az-Zinah menukil nama-nama Syiah Ali as, lebih dari itu Razi juga menukil sebuah hadis Rasul Saw yang mengatakan bahwa surga merindukan sosok-sosok dari Syiah ali tersebut. Dalam kitab az-Zinah, disebutkan :

Dikatakan bahwa Syi’ah adalah gelar bagi sebuah golongan yang dekat dengan Amirul Mukminin Ali rh. pada masa hidupnya Rasulullah Saw. Mereka dikenal dengan gelar tersebut. Seperti: Salman Al Farisi, Abu Dzar Al Ghifari, Miqdad bin Aswad, dan Ammar bin Yasir dan lain-lain. Mereka disebut syi’ah Ali atau Ashhab Ali. Mengenai Mereka Rasulullah Saw bersabda: “Surga merindukan empat orang: Salman, Abu Dzar, Miqdad, Ammar. Kemudian gelar ini diberikan kepada setiap orang yang mengutamakan Ali hingga saat ini.[1]

Hal yang menarik adalah tokoh-tokoh utama golongan Syiah Ali di zaman Rasul Saw yang telah disinggung diatas adalah orang-orang yang memiliki posisi istimewa dihadapan Allah Swt, karena itu Rasul Saw mengatakan bahwa surga merindukan mereka. Hal ini senada dengan hadis-hadis tentang kemuliaan golongan Syiah ali yang dinukil oleh Jalaluddin As-Suyuthi di dalam kitab tafsirnya Ad-Durul mantsur dimana Rasulullah mengatakan bahwa Ali as dan Syiahnya adalah para pemenang di hari kiamat.

Jelas bahwa sosok-sosok Syiah ali yang dimaksud dalam hadis-hadis yang dinukil oleh suyuthi itu diantaranya adalah Salman Al Farisi, Abu Dzar Al Ghifari, Miqdad bin Aswad, dan Ammar bin Yasir, yang merupakan tokoh-tokoh utama Syiah populer di zaman Rasul Saw.


[1] Abu Hatim ar-Razi, az-Zinah, jil : 1, hal : 488, cet : Manshurat al-Jamal, Beirut

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments