Sayyid Muhammad Naimuddin: Muhammad bin Abdul Wahhab Layak Mendapat Azab Karena Sesat dan Menyesatkan

MUSLIM MENJAWAB – Pada bahasan sebelumnya, telah kita paparkan beberapa pandangan ulama Ahlussunnah terhadap penggagas Wahabi Muhammad bin Abdul Wahhab begitupun terhadap pengikutnya yang dikenal sebagai Wahabi.

Sebagaimana yang telah  disampaikan, beberapa seri awal ini, kita masih bahas seputar pendapat Ulama Ahlussunah atas kelompok Wahabi atau pemimpinnya yaitu Muhammad bin Abdul Wahhab. Karena awal munculnya kelompok ini menjadi perhatian dan kekhawatiran dalam dunia Islam secara khusus, maka para Ulama memegang peran kunci dalam mempertahankan Islam dari pemikiran dan keyakinan kelompok tersebut yang dianggap menyimpang dan berbahaya.

Bacaan Lainnya

Di kesempatan kali ini, kita akan hadirkan pendapat dan pandangan dari ulama lainnya terkait pemimpin kelompok Wahabi ini. Ulama ini bernama Sayyid Muhammad Naimuddin. Beliau dalam kitabnya At-Tahqiqat lidaf’i At-Talbisat menyebut bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab layak mendapat azab karena sesat dan menyesatkan.

…orang-orang dari dunia timur dan barat berada dalam aqidah yang benar, sampai keluar seorang laki-laki dari Najd Arab yaitu Muhammad bin Abdul Wahhab yang layak mendapat azab karena sesat dan menyesatkan …[1]

Beliau dalam lanjutan tulisannya juga menukil dan menekankan apa yang disampaikan oleh Allamah Ibn Abidin yang menyebut kelompok Wahabi sebagai Khawarij, sebagaimana yang pernah kita bahas di tulisan sebelumnya.

Itulah pendapat dan pandangan yang disampaikan oleh Sayyid Muhammad Naimuddin. Beliau memandang bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab sebagai orang yang sesat dan menyesatkan sehingga layak mendapat Azab.

Wallahu A’lam


[1] Sayyid Muhammad Naimuddin, At-Tahqiqat lidaf’i At-Talbisat, Hal. 2

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar