Dari Abdullah Bin Mas’ud, Rasulullah Mohonkan Ampun kepada Allah untuk Umatnya yang Beramal Buruk

Muslim Menjawab – Praktik meminta syafaat atau tawassul kepada Rasulullah Saw merupakan sebuah aspek yang masih saja diperdebatkan -walau hanya oleh segelintir orang- dalam lingkup keilmuan Islam. Sejumlah argumen telah disajikan pada tulisan-tulisan sebelunya di website ini untuk menegaskan bahwa praktik ini memiliki dasar yang kuat dan bukanlah bidah.

Melalui penelusuran berbagai hadis dan juga pernyataan Rasulullah Saw, kita dapat memahami bahwa syafaat dan tawassul adalah bagian dari warisan kebaikan yang ditinggalkan oleh beliau.

Read More

Salah satu dasar keabsahan praktik syafaat dan tawassul dapat disaksikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Masud. Rasulullah Saw, dalam hadis tersebut menyampaikan bahwa kehidupannya memberikan manfaat dan kebaikan bagi umat Islam. Ketika umat menghadapi masalah, beliau menjadi pemutus dan penyelesai masalah. Bahkan, lebih dari itu, kematian Rasulullah Saw juga merupakan sebuah kebaikan, karena amal perbuatan umat diperlihatkan kepadanya. Rasulullah Saw bersyukur dan berbahagia jika melihat amal baik dari umatnya dan meminta ampunan bagi mereka yang memiliki amal buruk.

Hadis ini banyak dinukil di berbagai kitab, termasuk dalam kitab Majmau’ az-Zawaa`id karya Imam Al-Haitsami, kitab Jami’us Shaghir karya Jalaluddin as-Suyuthi, dan kitab Kanzul ‘ummal karya Syeikh Al-Muttaqi Al-Hindi. Berikut redaksinya:

عن ابن مسعود أيضا عن النبي صلي الله عليه و آله وسلم قال :”حياتي خير لكم تحدثون و يحدث لكم ووفاتي خير لكم تعرض علي أعمالكم فما رأيت من خير حمدت الله وما رأيت من شر استغفرت الله لكم”

Hadis dari Ibnu Mas’ud menyatakan, Rasulullah Saw berkata: “Kehidupanku merupakan kebaikan (hal yang berguna) bagi kalian, tatkala kalian menemui berbagai masalah maka diputuskan pula bergabai masalah bagi kalian. Kematianku juga berguna dan baik untuk kalian karena amal kalian ditunjukkan kepadaku, dan jika aku melihat amal yang baik dari kalian maka aku bersyukur kepada Allah, dan apabila aku menemukan amal yang buruk, maka aku meminta ampunan kepada Allah untuk kalian.”(1)

Dari hadis ini, dapat diambil pemahaman bahwa Rasulullah Saw sendiri, berdoa dan meminta ampunan bagi mereka yang memiliki amal buruk. Maka lebih dari itu, tidaklah salah jika kita meminta kepada Rasulullah Saw untuk dimohonkankan ampunan kepada Allah Swt. Hal ini mengindikasikan bahwa praktik meminta syafaat kepada Rasulullah bukanlah suatu yang terlarang. Sebaliknya, meminta syafaat atau tawassul kepada Rasulullah adalah tindakan yang dapat memperoleh keberkahan dan ampunan.

Di samping itu, kita dapat menyimpulkan bahwa meminta syafaat atau tawassul kepada Rasulullah Saw adalah suatu bentuk penghormatan dan keterhubungan spiritual dengan Rasulullah Saw. Praktik ini tidak bertentangan dengan ajaran Islam, melainkan merupakan salah satu wujud cinta dan pengakuan atas kebaikan yang beliau berikan kepada umat.

Dalam melengkapi argumentasi mengenai syafaat dan tawassul, hadis seperti yang diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Masud menjadi landasan yang kuat.


  1. Ali bin Abu Bakar al-Haitsami, Majmau’ az-Zawaa`id wa Manba’u al-Fawaa`id, jil. 8, hal. 427, cet. Dar al-Kutub al-Alamiah – Beirut

    Jalaluddin as-Suyuthi, Jami’us Shaghir fi Ahadits an-Nadzir wa al-Basyir, jil. 1 hal. 582, cet. Dar al-Fikr

    Syeikh Al-Muttaqi Al-Hindi, Kanzul ‘ummal fi sunan al-aqwal wa al-af’al, jil. 11, hal. 407, cet. Musasasah ar-Risalah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 comments

  1. I happily found this incredible website a few days ago with wonderful content for readers. The site owner has a knack for engaging fans. I’m thrilled and hope they persist in creating excellent content.

  2. Hello my friend! I want to say that this article is amazing, nice written and come with almost all significant infos. I’d like to see more posts like this.

  3. Wow, superb weblog structure! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you made blogging look easy. The overall look of your web site is excellent, let alone the content material!
    You can see similar here najlepszy sklep

  4. Heya! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several
    weeks of hard work due to no backup. Do you have any methods
    to protect against hackers?

    Feel free to surf to my web blog … vpn special coupon

  5. Thanks , I have just been searching for information about this topic for a while
    and yours is the greatest I have found out so far. But, what concerning the bottom line?
    Are you positive in regards to the supply?

    Also visit my site: vpn special

  6. Hello! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers? I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on. Any tips?