Shahih Muslim dan Tahrif Al-Quran

  • Whatsapp

Muslimmenjawab.com – Allah SWT melalui sebuah ayatNya di dalam al-Quran telah menjamin keotentikan kitab suciNya, oleh karena itu mayoritas kaum muslimin mengakui akan kevalidan kitab agung ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya kitab, buku, makalah serta artikel yang telah ditulis oleh umat islam baik dari kalangan Sunni maupun Syiah dalam membuktikan hal tersebut.

Pun demikian tetap saja ada golongan dengan maksud tertentu yang mengatakan bahwa Syiah meyakini tahrif al-Quran, dengan alasan bahwa di dalam kitab hadits mereka ada banyak riwayat yang memuat tentang adanya tahrif di dalam al-Quran. Padahal ulama Syiah dengan tegas telah menolak semua riwayat itu dan menghadirkan berbagai argumentasi untuk menolak semua riwayat yang ada.

Bacaan Lainnya

Sikap mereka ini sebenarnya sama saja dengan bunuh diri, karena tuduhan tersebut akan berbalik menyerang mereka juga. Sebuah syair Arab mengatakan: “اذا كان بیتك من زجاج فلا ترم الناس بالحجارة” (jika rumahmu terbuat dari kaca, maka jangan kau lempar orang lain dengan batu). Hal ini tidak lain karena literatur tepercaya mereka juga memuat riwayat yang mengindikasikan adanya tahrif.

sebagai bukti, pada seri ini akan dipaparkan sebuah riwayat yang dimuat oleh Imam Muslim di dalam kitab shahih-nya yang menceritakan keyakinan Aisyah tentang ayat 238 surat al-Baqarah:

عَنْ أَبِى يُونُسَ مَوْلَى عَائِشَةَ أَنَّهُ قَالَ أَمَرَتْنِى عَائِشَةُ أَنْ أَكْتُبَ لَهَا مُصْحَفًا وَقَالَتْ إِذَا بَلَغْتَ هَذِهِ الآيَةَ فَآذِنِّى (حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاَةِ الْوُسْطَى) فَلَمَّا بَلَغْتُهَا آذَنْتُهَا فَأَمْلَتْ عَلَىَّ حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاَةِ الْوُسْطَى وَصَلاَةِ الْعَصْرِ. وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ. قَالَتْ عَائِشَةُ سَمِعْتُهَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-

Dari Abu Yunus budak Aisyah: ia berkata: Aisyah menyuruhku menulis Sebuah mushaf untuknya, dan dia berkata: Jika kau telah sampai pada ayat ini, beritahulah aku (حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاَةِ الْوُسْطَى). Ketika aku telah sampai pada ayat tersebut aku beri tahu padanya, lalu ia menyuruhku menulis (حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاَةِ الْوُسْطَى وَصَلاَةِ الْعَصْرِ. وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ) Aisyah berkata: aku mendengar demikian dari Rasulullah Saww.[1]

Riwayat ini sebagaimana riwayat-riwayat yang disebutkan pada seri sebelumnya mengindikasikan adanya tahrif, sebab di dalam al-Quran yang ada saat ini kita tidak dapat menemukan  apa yang telah disampaikan oleh ummul mukminin Aisyah di atas.


[1] Muslim, Muslim bin Hajjaj Naisaburi, Shahih Muslim, hal: 283, kitab al-masajid wa mawadi’ al-shalat, cet: Dar Thayyibah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.