Bin Baz: Maulid Nabi Saw Bid’ah

MUSLIM MENJAWAB – ‘Memurnikan ajaran Tauhid’ adalah sebuah slogan yang sering digemborkan oleh kelompok Wahabi dalam dakwahnya. Munculnya slogan ini karena mereka merasa bahwa banyak dari kalangan muslimin yang masih menjalankan ajaran Islam yang bertentangan dengan Tauhid. Dari sinilah terjadi fenomena dalam kelompok Wahabi, dimana segala sesuatu yang tidak sesuai dengan pemikiran mereka dianggap sebagai sebuah kemusyrikan atau bid’ah dan sesat.

Di tulisan kali ini dan selanjutnya kita akan bahas amalan-amalan apa saja yang dianggap oleh kelompok Wahabi ini sebagai ajaran bid’ah dan menyesatkan.

Read More

Salah satu amalan yang mereka anggap sebagai bid’ah dan tidak boleh dilakukan adalah peringatan maulid Nabi Saw. Kita sering mendengar dakwah mereka yang sangat keras dalam melarang kaum muslimin untuk mengadakan peringatan maulid Nabi Saw, dan hal tersebut berangkat dari apa yang di fatwakan oleh mufti-mufti mereka, salah satunya adalah mufti Abdul Aziz bin Baz.

Dalam kitab Majmu’ Fatawa wa Maqolat Mutanawi’ah, bin Baz menfatwakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad Saw atau selainnya adalah bid’ah dan tidak boleh dilakukan, karena peringatan seperti itu menurutnya tidak pernah dikerjakan oleh Rasulullah Saw, oleh sahabat, bahkan para tabiin yang mengikuti mereka.

Tidak boleh berkumpul dalam acara maulid Rasul Saw dan selainnya, karena hal tersebut termasuk bid’ah atau perkara baru dalam agama. Karena Rasul Saw tidak melakukannya, tidak pula para khilafahnya (Khulafa Rasyidin), tidak pula selain mereka dari para sahabatnya Ra semuanya, tidak pula para Tabiin yang mengikuti mereka dengan baik pada generasi-genarasi yang utama. Dan mereka adalah orang-orang yang paling mengetahui tentang sunnah, paling sempurna cintanya pada Rasulullah Saw, dan paling mengikuti syariatnya dibanding siapapun setelah mereka…[1]

Dari fatwa di atas menunjukkan bahwa kelompok Wahabi menganggap acara peringatan maulid Nabi Saw sebagai amalan bid’ah dan perkara baru dalam agama.

Untuk lebih jelas dalam pembahasan seputar maulid Nabi Saw, pembaca yang Budiman bisa merujuk kembali tulisan-tulisan di website ini dengan tema Maulid Nabi.

Wallahu A’lam


[1] Bin Baz, Abdul Aziz bin Abdullah, Majmu’ Fatawa wa Maqolat Mutanawi’ah, juz 1 Hal. 178 Cet. Darul Qasim – Riyadh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 comments

  1. Appreciate it for helping out, wonderful info. “Considering how dangerous everything is, nothing is really very frightening.” by Gertrude Stein.

  2. Wonderful post however , I was wanting to know if you could write a litte more on this topic? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more. Bless you!

  3. I believe this is one of the so much important info for me. And i am happy reading your article. However want to commentary on some basic issues, The web site taste is ideal, the articles is really nice : D. Excellent job, cheers

  4. I believe this web site holds some rattling fantastic info for everyone :D. “A friend might well be reckoned the masterpiece of nature.” by Ralph Waldo Emerson.

  5. Hi there, i read your blog from time to time and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of spam comments? If so how do you stop it, any plugin or anything you can suggest? I get so much lately it’s driving me mad so any support is very much appreciated.

  6. Whats up very nice website!! Man .. Excellent .. Wonderful .. I’ll bookmark your web site and take the feeds additionally?KI am satisfied to find numerous useful information here in the submit, we need work out more techniques on this regard, thank you for sharing. . . . . .

  7. What Is Puravive? Before we delve into the various facets of the supplement, let’s start with the most important

  8. I’d should test with you here. Which isn’t one thing I often do! I get pleasure from studying a put up that can make folks think. Also, thanks for permitting me to remark!

  9. Can I just say what a reduction to seek out someone who actually is aware of what theyre speaking about on the internet. You definitely know learn how to carry a problem to mild and make it important. Extra individuals must read this and understand this facet of the story. I cant believe youre not more common since you definitely have the gift.