Hajjar bin Abjar Al-‘Ijli, Sahabat Nabi yang Terlibat dalam Pembantaian Imam Husain

MUSLIM MENJAWAB – Pembahasan Asyura Imam Husain as takkan pernah usang untuk selalu dibahas. Musibah agung ini senantiasa memberikan pengaruh serta pelajaran besar di berbagai dimensi-dimensinya hingga saat ini. Banyak sekali bahasan-bahasan yang bisa kita kupas terkait peristiwa bersejarah tersebut. Salah satunya terkait aktor-aktor yang terlibat dalam pembantaian keluarga Nabi tersebut. Dan ulasan sebelumnya kita telah bahas mengenai adanya sahabat-sahabat Nabi Saw yang ikut andil dalam pembantaian imam Husain as di Karbala.

Melanjutkan pembahasan tersebut, bahasan kali ini juga masih seputar sahabat-sahabat nabi yang ikut terlibat dalam pembantaian imam Husain as di Karbala. Fakta ini mungkin akan sangat mengejutkan, terutama bagi mereka yang meyakini akan keadilan seluruh sahabat. Sahabat nabi yang harusnya bisa menyenangkan hati Nabi Saw, justru malah menyakiti hati Nabi dengan ikut terlibat dalam membunuh cucu kesayangannya.

Read More

Salah satu sahabat Nabi yang terlibat dalam pembantaian imam Husain as itu bernama Hajjar bin Abjar Al-‘Ijli. Dia termasuk dari sahabat nabi sebagaimana yang dituliskan oleh Ulama Ahlussunnah Ibnu Hajar Al-‘Asqalani. Dalam kitabnya Al-Ishobah fi Tamyiz As-Shohabah, ibnu Hajar mengkategorikan Hajjar bin Abjar sebagai salah satu dari sahabat Nabi. Hal ini menjadi bukti bahwa beliau adalah seorang sahabat Nabi Saw.

Al-Ishobah fi Tamyiz As-Shohabah Juz 2 Hal. 143 Cet. Darul Kutub Al-Ilmiyah – Beirut

Adapun perannya dalam peristiwa Asyura di Karbala, seperti yang tercantum dalam kitab Ansab Al-Asyraf milik Ahmad bin Yahya Al-Baladzari, bahwasannya Hajjar bin Abjar merupakan salah satu pembesar masyarakat Kufah yang menulis surat pada imam Husain untuk datang ke Kufah. Dan sebagaimana yang kita ketahui mereka malah berkhianat dan berbalik memusuhi dan membantai imam Husain as.

Ansab Al-Asyraf Juz 3 Hal. 158 Cet. Darul Fikr

Selain itu, seperti yang kami sebutkan, Hajjar bin Abjar ikut terlibat langsung dalam pembantaian imam Husain as beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ia hadir di Karbala dengan memimpin seribu pasukan untuk menghadapi imam Husain as. Hal ini seperti yang terekam dalam kitab yang sama seperti diatas yaitu Ansab Al-Asyraf milik Ahmad bin Yahya Al-Baldzari.

Ansab Al-Asyraf Juz 3 Hal. 178 Cet. Darul Fikr

Catatan diatas menjadi tambahan pembahasan sebelumnya terkait fakta menarik bahwa terdapat diantara sahabat-sahabat Nabi yang ikut andil dalam pembantaian imam Husain as di Karbala.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

  1. Usually I do not read article on blogs, however I wish to say that this write-up very pressured me to try and do so! Your writing taste has been amazed me. Thank you, quite great article.

  2. One of the leading academic and scientific-research centers of the Belarus. There are 12 Faculties at the University, 2 scientific and research institutes. Higher education in 35 specialities of the 1st degree of education and 22 specialities.