Keutamaan Ahlul Bait Nabi Saw dalam Ayat Mawaddah

MUSLIM MENJAWAB – Seri kali ini masih membahas keutamaan Imam Ali AS atau Ahlul Bait Nabi Saw atas sahabat lainnya, dimana hal tersebut menjadi sebuah landasan keyakinan dalam mazhab Syiah.

Salah satu bukti keutamaan mereka ialah turunnya ayat Mawaddah sebagai bentuk kewajiban kaum muslimin untuk mencintai mereka.

Read More

Dalam surat As-Syura ayat 23 Allah Swt Berfirman:

ذَلِكَ الَّذِي يُبَشِّرُ اللَّهُ عِبَادَهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَى وَمَنْ يَقْتَرِفْ حَسَنَةً نَزِدْ لَهُ فِيهَا حُسْنًا إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُورٌ

“Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah memberikan berita gembira kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Katakanlah, “Aku tidak meminta kepada kalian suatu upah pun atas seruanku ini kecuali kecintaan kepada keluargaku”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Sekaitan dengan ayat tersebut, dalam kitab Fadhail As-Shohabah karya Ahmad bin Muhammad bin Hanbal termaktub sebuah riwayat dari Ibnu Abbas yang menunjukkan kewajiban kecintaan pada mereka.

…Dari Ibnu Abbas ia berkata: ketika ayat ini turun ( قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَى ) mereka berkata: Yaa Rasulullah siapakah mereka yang wajib untuk kami cintai? Rasul berkata: Ali, dan Fathimah dan kedua putranya AS.

Fadhail As-Shahabah Juz 2 Hal. 669

Mufassir besar Fakhru Razi dalam At-Tafsir Al-Kabir juga menukil riwayat yang senada.

Pemilik Al-Kasyaf meriwayatkan bahwasannya ketika ayat ini turun dikatakan  Yaa Rasulullah siapakah mereka keluargamu yang wajib untuk kami cintai? Lalu Rasul berkata: Ali, dan Fathimah dan kedua putra mereka.

At-Tafsir Al-Kabir Juz 27 Hal 166

Wajibnya mencintai keluarga Nabi Saw juga disebutkan oleh Imam Syafi’i dalam syairnya.

“Wahai Keluarga Rasulullah! Kecintaan kepada kalian adalah kewajiban dari Allah yang telah diturunkan dalam Al-Quran. Cukup besar kebanggaan bagi kalian bahwa orang yang tidak bersalawat kepada kalian maka tiada salat baginya”

Diwan Al-Imam As-Syafi’i No. 123 Hal. 102

Diwajibkannya kaum muslimin untuk mencintai Imam Ali AS dan Ahlul Bait Nabi Saw merupakan sebuah keutamaan dan keistimewaan tersendiri buat mereka. Keyakinan Mazhab Syiah yang mengunggulkan mereka atas sahabat lainnya bukanlah keyakinan yang hampa, namun berlandaskan nash dalam literatur Islam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments

  1. Thank you for some other wonderful article. Where else may just anyone get that kind of information in such a perfect approach of writing? I have a presentation next week, and I am at the look for such information.

  2. Крупный учебный и научно-исследовательский центр Республики Беларусь. Высшее образование в сфере гуманитарных и естественных наук на 12 факультетах по 35 специальностям первой ступени образования и 22 специальностям второй, 69 специализациям.