Injil Beritakan Kemunculan Juru Selamat Akhir Zaman

MUSLIMMENJAWAB.COM – Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa pembahasan Muslim Menjawab telah masuk pada tema baru. Dan  pada seri sebelumnya telah dipaparkan pembahasan mukadimah mengenal mahdawiyah.

Hal ini mengingat bahwa kemunculan sosok yang dinanti ini bukan hanya menjadi topik pembicaraan ajaran agama Islam, akan tetapi juga menjadi tema ulasan dari konten kitab agama lain.

Read More

Melanjutkan pembahasan tersebut pada seri ini akan disebutkan pandangan agama selain Islam dalam melihat kemunculan juru selamat akhir zaman atau yang oleh kalangan Islam disebut sebagai Imam Mahdi tersebu.

Salah satu agama yang memuat ulasan kemunculan juru selamat akhir zaman tersebut adalah agama Kristen lewat Injilnya. Di mana di dalam Injil Lukas disebutkan berita kemunculannya dengan menyebutnya sebagai Anak Manusia:

Dan akan ada tanda-tanda pada matahari, dan bulan, dan bintang-bintang; dan di atas bumi kecemasan bangsa-bangsa dalam keputusasaan mereka karena menderunya laut dan gelombang.

Orang-orang terpingsan-pingsan oleh rasa takut dan penantian yang menimpa penduduk dunia sebab kuasa-kuasa langit akan digoncangkan.

Dan kemudian mereka akan melihat anak manusia yang datang dalam awan dengan kuasa dan kemuliaan yang besar[1]  

Di dalam beberapa pesan di atas juga disebutkan tentang keadaan yang meliputi dunia saat menjelang kemunculanya, di mana semesta penuh dengan kejadian-kejadian alam dan ketidak tenangan.

Masih dengan sebutan Anak Manusia, demikian Injil Matius memberitakan kemunculan sang juru selamat akhir zaman tersebut:

Namun mengenai hari dan saat itu tidak seorang pun mengetahuinya, bahkan para malikat di surga pun tidak, kecuali Bapa-Ku saja.

Dan sebagaimana pada zaman Nuh, demikian pulalah kedatangan Anak Manusia akan terjadi[2]

Literatur di atas menjelaskan bahwa selain Allah Swt, tidak ada yang mengetahui secara persis kapan waktu kemunculan Anak Manusia yang dijanjikan tersebut. Namun yang pasti bahwa sosok agung tersebut akan datang pada waktunya.

Masih dalam Injil Matius, disebutkan bahwa manusia diperintah untuk selalu siaga dan bersiap-siap untuk menyambut kedatangan juru selamat agung tersebut:

Sebab itu kamu juga, bersiapsedialah, karena Anak Manusia datang pada waktu yang tidak kamu duga.[3]

Dari berbagai pesan-pesan Injil di atas dapat dipahami bahwa agama Kristen juga mengulas dan meyakini keberadaan sosok penyelamat akhir zaman dengan menyebutnya sebagai Anak Manusia.

Keadaan dunia saat kemunculannya digambarkan sebagai dunia yang penuh guncangan dan jauh dari ketentraman serta ketenangan.

Dan yang lebih krusial lagi, Injil berpesan kepada para pengikutnya untuk senntiasa memiliki persiapan untuk menyambut kedatangannya.


[1] Lukas 21. 25-27.

[2] Matius 24. 36- 37.

[3] Matius 24. 44.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments