Sahabat Nabi dan Sosok Munafik

  • Whatsapp

MUSLIMMENJAWAB.COM – Seperti yang kita tahu, beberapa tulisan sebelumnya telah diwarnai oleh pembahasan sahabat nabi, terlebih terkait dengan keadilan mereka.

Sejak dimulainya pembahasan sahabat nabi ini, kami telah menegaskan bahwa ada perbedaan mencolok antara mazhab Sunni dan Syiah dalam memandang sahabat.

Sebagaimana yang sering  kami tulis di deretan tulisan sebelumnya, bahwa Sunni memandang setiap sahabat nabi adalah adil, sementara Syiah tidak demikian.

Syiah memandang bahwa sebagian sahabat nabi tak ubahnya manusia biasa yang jauh dari kata sempurna dan berkemungkinan terjerembab dalam lubang dosa.

Meski begitu, nyatanya kita menemukan banyak kesaksian, yang menariknya, datang dari ulama Sunni dan tertulis di dalam kitab mereka, salah satunya, tentang sahabat yang munafik.

Jika kita membaca kembali tulisan sebelumnya, kita akan mengernyitkan dahi, betapa kesaksian oleh ulama Sunni tentang sahabat yang munafik itu benar adanya.

Sebut saja seperti Imam Bukhari, Imam Hanbali hingga Ibnu Taimiyah. Mereka adalah bagian dari ulama Sunni yang menegaskan kalau ‘ada juga’ sahabat nabi yang munafik.

Masih dalam rangka mengumpulkan kepingan-kepingan kesaksian itu, ada baiknya jika kita simak saksama redaksi sebagai berikut.

حدثنی ابن نمیر حدثنی أبی عن الأعمش عن شقیق قَالَ: کُنَّا مَعَ حُذَیْفَةَ جُلُوسًا، فَدَخَلَ عَبْدُ اللَّهِ وَأَبُو مُوسَى الْمَسْجِدَ فَقَالَ: أَحَدُهُمَا مُنَافِقٌ ثُمَّ قَالَ: إِنَّ أَشْبَهَ النَّاسِ هَدْیًا وَدِلًّا وَسَمْتًا بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَیْهِ وَسَلَّمَ عَبْدُ اللَّهِ.

Syaqiq berkata, “Kami duduk bersama Hudzaifah, lalu Abdullah bin Mas’ud dan Abu Musa Asy’ari masuk ke dalam masjid. Kemudian, Khudzaifah berkata, ‘salah satu dari keduanya adalah munafik.’ Ia berkata lagi,” Sosok yang paling mirip Rasulullah dari sisi tingkah laku dan sisi zahirnya adalah Abdullah bin Mas’ud.'”

Dari ungkapan di atas, Hudzaifah (salah satu sahabat dekat nabi) hendak memberi tahu kepada kita, bahwa sosok yang munafik adalah Abu Musa Asy’ari yang merupakan sahabat nabi.

Redaksi di atas penulis kutip dari kitab yang berjudul Al-Ma’ rifah wa Tharikh karya Abu Yusuf Ya’qub bin Sufyan yang merupakan ahli hadis dan berpaham Ahlusunnah (Sunni).

Akhir kata, jika mazhab Sunni meyakini kalau seluruh sahabat nabi adalah adil, namun kita dapati di dalam diri sebagian ulama dan kitab-kitab mereka sebuah fakta yang berkata lain, seperti bukti riwayat yang penulis sampaikan di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.